Rabu, 15 Maret 2017

Karya Ilmiah Remaja (KIR) Tentang Perpustakaan Sekolah

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
perpustakaan merupakan suatu sarana prasarana yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk proses pembelajaran siswa khususnya disekolah karena didalam perpustakaan menyediakan buku-buku yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan kualitas siswa, hampir disetiap sekolah mutlak ada perpustakaan seperti di SMAN 5 KEDIRI ini. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dapat menarik minat siswa dan memenuhi kebutuhan baca para siswanya dengan penyediaan buku-buku yang berkualitas, sehingga dapat menunjang prestasi siswa dan siswinya, namun sayang sekali daripengamatan-pengamatan penulis sebelumnya masih banyak perpustakaan-perpustakaan yang terkesan kurang hidup atau sangat sedikit pengunjungnya. Padahal dari uraian diatas perpustakaan itu merupakan sebuah sarana yang sangat penting. Oleh karena itu penulis tergerak untuk membuat karya tulis ini untuk mengetahui seberapa berkualitas perpustakaan yang ada di SMAN 5 KEDIRI kita ini.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana kualitas Perpustakaan di SMAN 5 Kediri?
2. Bagaimana minat siswa terhadap Perpustakaan SMAN 5 Kediri?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Agar dapat mengetahui seberapa tingkat kualitas perpustakaan yang ada di SMAN 5 Kediri.
2. Agar dapat mengetahui seberapa besar minat siswa sman 5 kediri untuk berkunjung ke Perpustakaan.
1.4 Manfaat Penelitian
A. BagiPeneliti
Sebagai sarana Pembelajaran dan pelatihan daya analitis dan kritis terhadap masalah, serta sebagai tambahan pengetahuan yang nantinya dapat dijadikan pijakan dalam proses pembelajaran yang selanjutnya.
B. Bagi Guru dan Masyarakat SMAN 5 Kediri
Dapat mengetahui seberapa berkualitas perpustakaan yang ada di SMAN 5 Kediri, dan kekurangan-kekurangannya sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk kedepannya agar perpustakaan SMAN 5 Kediri semakin maju dan dapat menarik lebih banyak lagi minat baca siswa.
                                                               BAB II
METODE PENELITIAN
2.1 Data Penelitian
Untukmenjawabrumusanmasalahnomorsatudannomordua, data yang diperlukanadalahtelaahpustakaatauliteratur yang berkenaandenganpengertiandanfungsi Perpustakaan.
2.2 Prosedurpengumpulan Data
Beberapatahapanpengumpulan data padapenelitianiniadalahsebagaiberikut:
1) Telaahpustaka
Padatahapini, penulismencari literature ataubacaan yang menjelaskanpengertiandan fungsi perpustakaan serta standart perpustakaan yang berkualitas. Literature bias diperolehdaribuku, website, maupunkoran.
2) Observasi Langsung
Pada tahap ini penulis melakukan penelitian langsung ke lapangan dalam upaya mencari data terkait penelitian dan tingkat validitasnya tinggi.
3) Pematangankonsep
Padatahapini, penulisberusahamenelaahdata yang telah terkumpul
4) Penarikankesimpulan
Padatahapini, penulismenarikkesimpulandaritelaahpustakadanhasilobservasiyaknikualitas perpustakaan yang ada di SMAN 5 Kediri dan tingkat minat siswa untuk berkunjung.
BAB III
KAJIAN TEORI
3.1 Pengertian dan Fungsi Perpustakaan
a) Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan berasal dari kata pustaka yang artinya kitab atau buku. Perpustakaan merupakan tempat bukudikumpulkan, ditata, dijaga kebersihannya, dan dijauhkan dari segala penyebab kerusakan dengan tujuan untuk dipinjamkan kepada anggota perpustakaan(Darmono,M.Si, 2007 :3)
b) Fungsi Perpustakaan
1) Perpustakaan sebagai Fungsi Pendidikan
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru dikelas.
2) Perpustakaan sebagai Fungsi Informasi
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaan dengan pemenuhan rasa ingin tahu siswa dan guru.
3) Perpustakaan sebagai Fungsi Rekreasi
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk menikmati bahan yang ada.
4) Perpustakaan sebagai Fungsi Penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.
Fungsi Perpustakaan ini diambil dari buku "Profesi Keguruan", hal: 200, Prof. Soetjipto dan Drs. Raflis Kosasi, M. Sc, Penerbit: Rineka Cipta.
3.2 Fungsi Perpustakaan di Sekolah
Perpustakaan Sekolah merupakan Perpustakaan yang berada didalam area sekolah yang tugasnya menyediakan, menata, dan menjaga kebersihan dan kualitas buku yang tujuannya dijadikan sebagai sarana pendukung pembelajaran siswa,serta untuk menambah wawasan siswa mengenai barbagai disiplin-disiplin ilmu dan informasi.(Darmono,M.Si, 2007:3)

3.3 Standar  Perpustakaan Sekolah yang Baik dan Berkualitas
Menurut Drs. Darmono m.Si, dalam bukunya yang berjudul Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa (2007 : 33)
a) Kelengkapan Buku
Suatu Perpustakaan dikatakan baik dan berkualitas apabila buku-buku yang ada di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan siswa baik untuk sarana pembelajaran maupun wawasan tambahan, meliputi :
· Buku Pelajaran Sekolah
· Buku Ilmu Pengetahuan
· Buku Cerita atau Fiksi
· Buku Referens ( Kamus, Ensiklopedia, Atlas, Direktori, Buku Panduan atau Pedoman, dll)
· Serial (Majalah dan Koran)
· Koleksi Pandang Dengar (Audio Visual)
b) Penataan Buku dan Ruangan
· Susunan Buku
Susunan Buku diperpustakaan harus disusun secara sistematis
· Pengelompokan Buku berdasar bagan DDC
Pengelompokan atau klasifikasi buku berdasar isi buku atau subjek prinsip dari sistem DDC ini adalah pembagian Notasi berkembang dari umum ke khusus.
· Kode Buku
· Penyusunan Buku di Rak
Meliputi kerapian dan tingkat keefisienan
c) Kebersihan
· Kebersihan Buku (Sampul, tidak dicorat-coret, tidak sobek, basah)
· Kebersihan Ruang Perpustakaan(tidak ada sampah, buku-buku tidak berserakan atau tertata rapi, nyaman)

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Kelengkapan Buku

Buku Pelajaran
No Nama Buku Kelas X Kelas XI Kelas XII
1 Biologi ü ü ü
2 Kimia ü ü ü
3 Fisika ü ü ü
4 Matematika ü ü ü
5 Sosiologi ü ü ü
6 Sejarah ü ü ü
7 Geografi ü ü ü
8 Ekonomi ü ü ü
9 Pkn ü ü ü
10 Agama ü ü ü
11 Olahraga Umum
12 Mulok Umum
13 Seni Budaya Umum
14 Bahasa indonesia ü ü ü
15 Bahasa Inggris ü ü ü
16 Bahasa Jepang Umum
17 Bahasa Jerman Sedikit ± 2 buah
18 TIK Umum
Serial
No Nama Buku (judul) Keterangan
1 Majalah · Jumlah sedikit (kurang banyak variasi)
· Majalah yang dipajang banyak yang kedaluarsa (kurang pembaharuan)
2 Koran · Kurang banyak variasi (hanya ada koran jawa pos, perlu penambahan agar siswa lebih banyak tahu informasi dan dapat juga dijadikan bahan pembelajaran misal perbandingan data)
Buku Pengetahuan
1 Latihan SPMB dan UAN · Jumlah banyak namun dari penerbit yang sama
· Perlu pembaharuan (buku terbaru tahun 2010)
2 Olimpiade · Kurang bayak variasi (buku banyak namun sama)
· Perlu pembaharuan
Cerita dan Fiksi
1 Novel · Jumlah banyak namun bukunya sama
· Bukunya jadul, kurang menarik siswa
· Perlu penambahan
2 Cerita Rakyat · Sedikit
3 Hikayat · Sedikit
Referens
1 Kamus · Banyak variasi jumlah sedikit
2 Ensiklopedia · Sedikit
3 Atlas · Sedikit
Lainnya
1 Karya Tulis · Tampilan tidak menarik (sampul sobek, berdebu, dll)
· Sudah terlalu jadul (2005,2006)
· Tema tidak menarik (kurang ada nilai pentingnya.)
· Jumlah sangat sedikit

4.2 Penataan Buku dan Ruangan
No PenataanBuku Keterangan
1 SusunanBuku Tidaksistematis(Jarakantarbukuterlaludekat. Perludiberirenggang(gunamemudahkanketikapengembalianbuku)
2 PengelompokanBukuberdasarkanbagan DDC Tidakberdasarkan DDC
3 KodeBuku Ada kodesetiapbuku
4 PenyusunanBuku Di Rak Bukutersusunsecararapi.(sesuaidenganjenisbuku)
Ada sedikitbuku yang ditumpuktumpukjadisatu
Bukutidakdiletakkansesuaiintesitaspemakaianbiasanyadicampursetelahmengembalikanbuku.

4.3 Kebersihan
No Nama Objek Pengamatan Spesifikasi Keterangan
1 Buku a. Sampul
b. Cover
c. Isi
- Banyak yang sobek
- Tidak semua buku ada sampulnya
- Banyak yang lusuh
- Banyak yang sobek
- Dicorat-coret
- Beberapa buku isinya tidak lengkap atau ada yang hilang
- Buku pelajaran banyak yang dicoret-coret dan soal-soalnya banyak yang dikerjakan di buku tersebut
2 Ruangan a. Rak Buku
b. Lantai
- Berdebu
- Di salah satu rak buku terdapat sarang laba-laba
- Ada rak buku yang sudah lapuk
- Bersih (sering disapu)
3 Peralatan lain a. Kipas Angin
b. Meja dan kursi
- Berdebu (sudah berubah warna)
- Mejanya bolong
- Kursi banyak yang tidak layak pakai
4 Kondisi - Buku Banyak yang tidak tertata rapi
- Di dalam tidak ada tempat sampah umum

4.4 Daftar Hadir Siswa
No. Tanggal Nama Kelas Ket
1. 17-01-2013 Moh Ilham XI IPS 2 Membaca Buku
2 Aldi Pratama Baskarant XI IPS 2 Membaca Buku
3 Yohanes Dwi S A P XI IPS 2 Mengerjakan Tugas
4 Heltian Malfianta XI IPS 2 Mengerjakan Tugas dan Membaca Koran
5 18-01-2013 Suci X 4 Meminjam Buku
6 Finalia X 4 Meminjam Buku
7 Ajeng Ayu F X 4 Meminjam Buku
8 Fistalia X 4 Meminjam Buku
9 Nia Mega X 4 Meminjam Buku
10 Riska Aridiana X 4 Meminjam Buku
11 Gita Syaifudin X 4 Meminjam Buku
12 Dias Febidinesa X 9 Meminjam Buku
13 Silvia Sukma P X 9 Meminjam Buku
14 19-01-2013 Wahyu Ridiana XII IPS 3 Meminjam Buku
15 Silvia X 4 Mengembalikan Buku
16 23-01-2013 Suci Pitasari X 4 Mengembalikan Buku
17 Leli X 4 Mengembalikan Buku
18 Aisyah Rahma X 6 Meminjam Buku
19 01-02-2013 Rinjani XII IPA 4 Meminjam Buku
20 Ainun M L XII IPA 4 Meminjam Buku
21 04-02-2013 Ustman A G X 2 Membaca Buku
22 08-02-2013 Rahmat Suprianto XII IPS 3 Membaca Buku
23 11-02--2013 Jaya Nauga A X 2 Mengembalikan Buku
24 Ustman A G X 2 Mengembalikan Buku
25 Giovany Agripina XI IPA 1 Membaca Buku
26 Rifay Maulana A XII IPA 1 Membaca Buku
27 Gani Nur P XI IPA 1 Membaca Buku
28 12-02-2013 M Burhanudin XI IPA 5 Membaca & Meminjam Buku
29 Dewi Kartika XI IPA 5 Membaca & Meminjam Buku

BAB V
HASIL PENELITIAN
5.1 Hasil Penelitian
a) Kelengkapan Buku
Kelengkapan buku-buku yang ada di SMAN 5 Kediri sudah cukup mencukupi jika dilihat dari jumlah atau banyaknya buku namun secara kelengkapan (variasi) masih sangat kurang, meliputi :
Buku pelajaran masih sangat kurang variasinya kebanyakan buku-buku yang ada berasal dari satu sumber.Buku pengetahuan seperti Ensiklopedia secara jumlah dan variasi masih sangat sedikit.Buku cerita dan viksi, jumlah yang ada sangat banyak, namun kebanyakan adalah buku-buku jaman dulu dan sama sehingga kurang menarik minat siswa untuk membacanya.Buku referens seperti kamus dan atlas jumlahnya masih sedikit.Buku karya siswa, sangat sedikit dan bukunya kurang perawatan.Buku latihan UAN dan SPMB kurang banyak variasi.Audio Visual ada namun tidak dipakai, pemanfaatan kurang.
b) Penataan Buku dan Ruang
Penataanbukudanruangperpustakaan SMAN 5 Kediri tidakmenarikkarenapenyusunanbukubukunyatidaktersusunsecarasistematis .Bukubuku yang diletakkan di raksesuaidengankodebukunyadijumpaibuku yang tidaksesuaidengannamalebel di sampingrakbuku. Pengelompokanbukunyatidaksesuaidenganbagan DDC yaituhanyaberdasartempatperpustakaanadakarenaareanyaterbatas .Sehinggatidakmemungkinkanuntukmenggantiganti
c) Kebersihan
Secara kebersihan perpustakaan SMAN 5 Kediri masih jauh, karena masih banyak buku-buku yang sampulnya sobek atau bahkan tidak ada sampulnya, isi buku banyak yang dicoret-coret dan hilang, rak buku  berdebu dan salah satu diantaranya ada sarang laba-laba, peralatan lain juga banyak yang kotor dan sudah tidak layak pakai seperti kursi.
d) Tingkat Minat Siswa
Dari pengamatan kami selama 25 hari jumlah pengunjung sebanyak 29 Siswa jika dirata-rata setiap harinya jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan kurang dari dua siswa dan ternyata tidak setiap hari perpustakaan SMAN 5 Kediri dikunjungi siswa, jumlah pengunjung paling banyak selama pengamatan kami tersebut sebanyak  8 siswa pada tanggal 18 januari 2013 dan itupun untuk meminjam buku pelajaran untuk tugas. Dari sini dapat disimpulkan tingkat minat siswa terhadap perpustakaan masih sangat rendah.

BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Kondisi perpustakaan SMAN 5 Kediri masih perlu banyak pembenahan, buku-buku yang ada masih kurang, penataan ruangnya kurang menarik siswa, kebersihan, ini terlihat dari minat siswa untuk berkunjung juga sangat kecil dalam sehari maksimal hanya 8 siswa.
6.2 Saran
Mengingat pentingnya perpustakaan khususnya di sekolah, sebaiknya kualitas perpustakaan harus lebih ditingkatkan lagi baik secara kebersihan maupun buku-bukunya, agar dapat meningkatkan minat para sisiwa-siswinya terhadap perpustakaan. Karena jika perpustakaan hidup, potensi peningkatan prestasi siswa untuk naik juga besar karena fungsi perpustakaan itu sendiri adalah untuk menunjang kualitas siswa.
BAB VII
DAFTAR PUSTAKA
Darmono M.Si,Drs. 2007. Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa. Malang : Universitas Negeri Malang
Soetjipto dan Kosasi Raflis.2000.Profesi Keguruan.Jakarta : Rineka Cipta
http://www.google.com/search?q=wikipedia-fungsi+perpustakaan

1 komentar :

anwar mengatakan...

okey gan....

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes